Silabus - Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)



Sebagai mana ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, setiap sekolah/ madrasah mengambangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI) dan berpedoman kepada panduan yang ditetapkan oleh badan standar Nasional Pendidikan (BSNP). Panduan Penyusunan KTSP terdiri atas dua bagian, yaitu bagian pertama berupa panduan Umum dan bagian kedua Model KTSP

Penduan Umum memuat pedoman dan rambu-rambu yang perlu diacu, dijabarkan dari berbagai ketentuan-ketentuan tentang kurikulum yang terdapat dalam UU No. 20 tahun 2003 dan PP No. 19 tahun 2005, serta urutan pada umumnya yang berlaku dalam pengambangan kurikulum, Panduan Umum diterbitkan terpisah dari model KTSP. Satuan Pendidikan yang telah melakukan uji coba kurikulum 2004 secarah menyeluruh diperkirakan mampu secara mandiri mengambangkan kurikulumnya berdasarkan SKL, SI dan Panduan Umum.

Bagian kedua Panduan Penyusunan KTSP terdiri atas contoh atau model KTSP sebagai hasil pengembangan SKL dan SI dengan menggunakan Panduan Umum. Sebagai contoh hendaknya tidak secarah utuh digunakan oleh satuan pendidikan, namun dapat dimanfaatkan sebagai referensi. Satuan pendidikan perlu memperhatikan kepentingan dan kekhasan daerah, sekolah dan peserta pendidik dalam mengembangkan KTSP. Untuk itu dapat menggunakan KTSP sebagai referensi dengan melakukan perubahan dan penyesuaian yang diperlakukan. Model KTSP terlampir berupa model silabus setiap mata pelajaran, ditujukan terutama bagi satuan pendidikan yang saat ini belum mampu mengembangkan kurikulum secara mandiri. Bagi satuan pendidikan ini, mempunya waktu sampai dengan tiga tahun untuk mengembangkan kurikulumnya, yaitu selambat-lambatnya pada tahun ajaran 2009/2010.

BSNP menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada banyak pakar yang berasal dari berbagai perguruan tinggi, Pusat Kurikulum dan Direktorat di lingkungan Depdiknas, serta Depag. Selain itu ucapan terima kasih juga ditujukan kepada guru bidang studi di lingkungan SMP dan MTs yang telah membantu proses validasi dan uji ketebacaan. Berkat bantuan dan kerjasama yang baik dari mereka, model silabus mata pelajaran untuk SMP/MTs ini dapat diselesiakan.



Jakarta, Juli 2006
Ketua BSNP




Bambang Suhendro

3 Comment:

Eko Susanto said...

Eureka Media kini berubah menjadi Green Project

kunjungi http://eko13.wordpress.com

produkyg ditawarkan adalah
Layanan Infromasi dan Database Siswa berbasis WEB

Eko Susanto said...

Eureka Media kini berubah menjadi Green Project

kunjungi http://eko13.wordpress.com

produkyg ditawarkan adalah
Layanan Infromasi dan Database Siswa berbasis WEB

Anonymous said...

Excellent way of describing, and nice article to obtain data concerning my
presentation subject matter, which i am going to deliver in college.


Look into my website - how to get your ex girlfriend back

Post a Comment




Recent Comments